Luruskan niat, Bulatkan tekad, Sukses di Akhirat

Luruskan niat, Bulatkan tekad, Kali ini pak teguh akan berbagi ilmu sedikit dari Al Ustad Murtado Al Bahwi dalam kajian rutin Ahad pagi di Masjid Baiturahman Asrama Kampus Wates UNY. Ini adalah kali pertama, kajian rutin di Asrama Kampus Wates dan akan rutin dilaksanankan pada minggu ke 1, 2 dan 3 setiap bulannnya. Tema kajian kali ini adalah Urgensi Niat, mungkin sesuatu yang kelihatan sepele tapi sulit dalam pelaksanaannya dan besar sekali pengaruhnya. 
Niat merupakan hal pertama dan utama yang harus diperhatikan ketika akan melakukan suatu pekerjaan atau perbuatan. Sebagaimana tertuang dalam Hadis yag diriwayatkan oleh Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
Artinya:  "Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan"
Dari hadist di atas tampak bahwa niat sangan vital dan fatal, sebab niat berpengaruh dari awal hingga akhir suatu perbuatan. Niat juga termasuk salah satu prasyarat diterima atau tidaknya suatu amal. Adapun Syarat diterimanya suatu amal yaitu:
1. Ikhlas lillahi ta'ala (Kemurnian niat)
2. Sesuai Tuntunan
Niat bukan suatu hal yang sepele bahkan karena sebuah niat bisa memasukan seseoang masuk ke surga. Alkisah dahulu kala ada anjing sedang kehausan di padang pasir, dan ada seorang pelacur yang mengambilkan minum anjing tersebut dengan sepatunya, karena ketulusan dan kemurnian hati pelacur tersebut dikabarkan menjadi sebab masuknya ke surga.
Niat juga merupakan hal yang pertama yang menjadi penyebab seseorang masuk ke dalam neraka. Dalam sebuah hadist, dijelaskan orang pertama yang masuk ke neraka adalah:
1. Orang yang belajar dan pandai membaca Al qur'an, akan tetapi diniatkan agar disanjung orang bukan karena lillahi ta'ala.
2. Orang yang berjihad, tetapi dengan niat agar dikenal sebagai pemberari bukan karena Alloh
3. Orang yang gemar sedekah, tetapi dengan niat agar dkenal sebagai dermawan bukan karena semata mata karena Alloh.
Sehingga agar setiap amalan yang kita kerjakan sempurna dan diterima di sisi Alloh maka kita harus meluruskan dan memurnikan niat kita, bulatkan tekad dan Insya Alloh Sukses di Akhirat. Amiiin


EmoticonEmoticon