Perjalanan Kegiatan PPG UNY Minggu Pertama


Perjalanan Kegiatan PPG UNY Minggu Pertama, Kali ini pak Teguh akan berbagi kisah perjalanan kegiatan PPG minggu pertama di Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah masa orientasi PPG SM-3T usai, kami peserta PPG semuanya masih dibuat cemas dag dig dug, menunggu keputusan dimana kami melaksanakan  kegiatan perkuliahan di kampus wates atau di kampus UNY pusat. Sebab jika kuliah di kampus pusat resikonya kami semua harus bangun lebih awal lagi, pukul 5.30 harus sudah stanby di bus padahal sebelumnya harus antri mandi dan makan dulu.  Nah, setelah ditunggu - tunggu akhirnya ada pengumuman resmi kalau jurusan PMIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, IPA) dan Bahasa Inggris kuliah di UNY Pusat. Yes, Akhirnya Pak Teguh harus belajar tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, diambil hikmahnya saja. 

Hari Senin, 2 Maret 2015, Hari pertama perkuliahan, kami didampingi pak Tuharto dan pak Wijaya membedah Kompetensi Dasar Kalkulus dan Trigonometri. "Untuk minggu pertama kalian cukup mencari indikator dari setiap kompetensi Dasar yang ada" Kata Pak Tuharto. Mungkin kelihatan simpel dan sederhana tapi setelah dibahas dan dikomentari banyak sekali kesalahan dan kekeliruan yang terjadi ketika merumuskan indikator. Indikator harus benar benar operasional dan dapat diukur dibuktikan dengan instrumen tes yang dapat mengukurnya. 

Hari Selasa, 3 Maret 2015, hari kedua perkuliahan, kami didampingi pak Ali (Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UNY) dan Pak Giman (Ketua Jurusan Matematika UNY) untuk membedah Kompetensi dasar Bilangan, Himpunan dan Logika. Pada awal perkuliahan, pak Ali memaparkan kurikulum 2013 secara umum, sehingga diharapkan kami nantinya semua peserta PPG tahu yang akan dibuat dan bagaimana cara membuatnya serta bagaimana mengaplikasikannya. sedang dari pak Giman kita diajara bagaimana merepresentasikan model dalam matematika.

Hari Rabu, 4 Maret 2015, hari ketiga perkuliahan, kami didampingi pak rusdiyanto dan pak sugiono (Waduh lupa nih namanya...he...he). Walau agak lupa namanya tetapi yang diajarkan ga bakal lupa deh. Dari pak ....kita diajarkan banyaknya kesalahan konteks yang sering digunakan dan dipakai guru matematika. Kompetensi yang harus dibedah pada hari ini adalah Pengukuran dan Geometri.

Hari Kamis, 5 Maret 2015, hari keempat perkuliahan, kami didampingi Oleh pak Marsigit dan Bu endang. Nah hari ini sungguh berkesan sekali dan mengena. Apalagi disampaikan dengan pendekatan filosofi matematika. Oleh Prof. Marsigit kita semua diajarkan pentingnya menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Sedangkan oleh bu endang, kita diajarkan mengenai penyusunan PTK. Pada hari ini kompetensi yang dibedah adalah statistika dan peluang.

Hari Jumat, 6 Maret 2015, hari kelima perkuliahan, kami didampingi oleh pak Sahid dan murdanu. Pak sahid menyampaikan bahwa silabus dan sebagainya bukan kitab suci, sehingga kita diperbolehkan untuk mengubah dan merevisinya jika diperlukan. Kali ini kompetensi dasar yang harus dibedah adalah Aljabar.

Alhamdulillah minggu pertama kegiatan perkuliahan PPG telah usai, dan kami dari PPG pendidikan matematika telah hampir menyelesaikan indikator untuk setiap kompetensi dasar Matematika untuk SMP san SMA, Semoga kedepan bisa berjalan lebih lancar dan dapat menyelesaikan kegiatan ini dengan baik dan hasil yang memuaskan. Amiiin


EmoticonEmoticon