Cara Membuat Url Redirection di Blogger

Sebenarnya untuk url redirection kita bisa menggunakan layanan gratis dari bit.ly, goo.gl dan sejenisnya atau bahkan yang bisa menjadi sumber penghasilan seperti adf.ly dan sejenisnya, Pada kesempatan kali ini pak teguh akan membuat URL shortener sendiri dengan java script di blogger. Script yang saya bagikan bisa juga disebut URL Redirect. URL Redirection atau pengalihan permalink sebetulnya sudah difasilitasi oleh blogger, cuma masih terbatas pada blog kita, tidak bisa mengarah ke blog lain.

Kalau pada CMS WordPress ada plugin "Simple URLs", hasilnya akan mirip-mirip dengan itu, karena saya juga terinspirasi dengan plugin ini. Kalau sobat belum mengetahui, mungkin sobat pernah melihat link seperti http://www.pakteguh.com/go/facebook kurang lebih seperti itu gambarannya. Supaya lebih jelas, silahkan klik salah satu tautan di bawah ini :

Facebook
Google Plus

Untuk membuatnya, simpan kode ini di atas </head>

<script language='javascript'>
//<![CDATA[
var key = window.location.href.split("go/")[1].replace("/","")
var urls={
    'fb':'https://www.facebook.com/pakteguhdotcom', 
    'gplus':"https://plus.google.com/+Pakteguhcom",
    'twitter':"https://twitter.com/coolsbanget" /* yang terakhir tanpa koma */
}
if(key){
    if(urls[key]){
        window.location.href=urls[key]
    }else{
        document.write("'"+key+"' not found :(");
    }
}
//]]>
</script>

Ganti / tambahkan link sesuai keinginan sobat. Untuk memahaminya, ketika saya tulis 'fb':'https://www.facebook.com/pakteguhdotcom' berarti, apabila mengakses http://www.pakteguh.com/go/fb akan mengarah ke https://www.facebook.com/pakteguhdotcom.


EmoticonEmoticon