Widget HTML Atas

Gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan

 


Sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 7 yang sedang mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) saya akan menggambarkan potret diri saya sebagai seorang guru penggerak di masa depan. Setelah saya mengikuti dan lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) beberapa poin penting yang saya pahami dan saya yakini adalah sebagai berikut:

  1. Saya harus Tergerak, Dalam diri saya sudah terbentuk keyakinan dan motivasi yang kuat untuk selalu tergerak dalam memajukan dunia pendidikan

  2. Saya harus Bergerak, Selain keyakinan dan motivasi yang kuat, saya harus Bergerak dengan aksi nyata dalam memajukan dunia pendidikan 

  3. Saya harus Menggerakan, Setelah saya tergerak dan bergerak, saya juga memiliki kewajiban untuk menggerakan komunitas belajar agar sama - sama bergerak ke arah yang lebih baik. 

Adapun untuk 3 tahun ke depan, saya yakin dan optimis telah dapat menumbuhkan dan menerapkan nilai dan peran sebagai guru penggerak dengan gambaran sebagai berikut:


1. Mandiri

Setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak saya yakin dan optimis dapat menjadi insan yang mandiri. Memiliki motivasi  yang kuat dalam berupaya untuk mewujudkan transformasi pendidikan. Saya akan berupaya untuk tidak bergantung pada pihak manapun terkait motivasi dalam mengembangkan pembelajaran. Mengikuti Pelatihan - Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru tanpa harus menunggu perintah atasan/Dinas.


2. Reflektif

Sebagai seorang guru penggerak, saya sadar betul bahwa saya memiliki banyak kekurangan disana sini. Baik saat melakukan perencanaan maupun saat melaksanakan pembelajaran paradigma baru dalam rangka menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri anak didik saya. Oleh sebab itu, saya akan selalu bersikap reflektif dengan mengevaluasi tindakan-tindakan yang saya lakukan terkait implementasi pendidikan paradigma baru. Dengan demikian saya meyakini, bahwa saya dan program yang saya lakukan akan berjalan lebih baik lagi.


3. Inovatif

Selanjutnya, saya juga akan memegang teguh nilai inovasi yang ada dalam program guru penggerak. Di mana saya akan berusaha untuk mewujudkan pembaharuan dan kreativitas di tiga tahun yang akan datang. Terutama saya akan selalu berupaya menemukan solusi atas setiap akar permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik saya. Harapannya, program pembelajaran paradigma baru yang saya lakukan, semakin efektif dari masa ke masa. Mengembangkan Aplikasi - aplikasi pembelajaran berbasis android yang menarik.


4. Kolaboratif

Sebagai guru penggerak saya sadar betul bahwa untuk mencapai suatu perubahan yang bersifat transformatif dalam dunia pendidikan terlebih dengan paradigma baru, maka tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan harus berkolaborasi dengan setiap pihak yang berkepentingan.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka saya akan menekankan diri saya untuk selalu menjalin interaksi dan kerja sama dengan lingkungan baik dalam lingkup satu sekolah maupun hingga ke komunitas belajar yang lebih luas. Terlebih sesama guru yang akan menemukan solusi bersama atas permasalahan yang dihadapi oleh murid di sekolah.


5. Berpihak pada Murid

Sebagai guru penggerak saya menyadari betul bahwa pendidikan seharusnya berpihak pada murid dengan memberikan porsi lebih murid untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Menjadikan murid sebagai aktor utama dalam pembelajaran. Memberikan pelayanan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. 


Sehingga harapannya saya bisa menjadi guru yang bisa membahagiakan murid, mengantarkan murid menuju cita - cita dan harapan yang diimpikan. Serta yang paling utama saya ingin menjadi sosok guru yang paling dirindukan kehadiran di Kelas.


Demikianlah gambaran diri saya sebagai guru penggerak di masa depan. Semoga apa yang saya tuliskan di atas dapat terealisasikan seperti apa yang saya pikirkan dan mungkin dapat berkembang lebih baik dari apa yang diharapkan.



No comments for "Gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan"