Widget HTML Atas

Koneksi Antar Materi Modul 1.3



Pada modul ini kita mempelajari tentang visi guru penggerak. Visi merupakan representasi atau gambaran masa depan. Visi dapat dikatakan sebagai imajinasi dan imajinasi lah yang menstimulasi adanya kemajuan dan terjadinya evolusi. Visi berbasis pada kekuatan kata untuk menggerakan hati, menyemangati, menguatkan untuk melangkah maju. Visi seorang guru penggerak harus sejalan dengan filosofi KHD yakni menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi - tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat demi terciptanya student well being. 
Dalam proses menuntun murid harus disesuaikan dengan kodrat alam dan kodrat zaman murid. Proses tersebut dapat dilakukan dengan 3 hal yakni Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Dalam Proses tersebut, kita pahami bersama bahwa fokus utama dalam pembelajaran adalah murid sehingga visi yang kita buat pun harus mengutamakan murid. Menurut Undang - Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa tujuan dari pendidikan nasionan adalah agar setaip indivisu dapat menjadi manusia dengan Profil Pelajar Pancasila, Sehubungan dengan hal tersebut, visi yang kita buat pun perlu diselaraskan dengan dimensi profil pelajar Pancasila. 


Dalam upaya mewujudkan visi yang berpihak pada murid dan selaras dengan profil pelajar pancasila perlu ada pemimpin pembelajar yang tergerak, bergerak dan mampu menggerakan. Untuk itulah diperlukan nilai - nilai guru penggerak (Berpihak pada murid, reflektif, mandiri, Kolaboratif dan inovatif) dan peran guru penggerak (Menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, pendorong kolaborasi mewujudkan kepemimpinan murid dan menggerakan komunitas praktisi) untuk dapat mewujudkan visi tersebut. Sebagai salah satu pendekatan atau model perubahan dalam mewujudkan visi diperkenalkan Inkuiri Apresiatif (IA). IA merupakan pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Tahapan dalam IA yang diperkenalkan adalah BAGJA yakni, Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi. Sebelum melakukan tahapan BAGJA, visi yang telah disusun diturunkan terlebih dahulu menjadi prakarsa - prakarsa perubahan. 


Adapun Visi yang saya rumuskan : 
Mewujudkan Generasi Emas dengan Karakter “MANTAP” 
(Mandiri, Aktif, Nalar Kritis, Toleran, Agamis, dan Percaya diri)

No comments for "Koneksi Antar Materi Modul 1.3"