Widget HTML Atas

Koneksi Antar Materi Modul Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi pendidikannya memiliki pengaruh terhadap bagaimana pengambilan sebuah keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang diambil.

Pratap Triloka yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara yang terkenal dengan semboyan ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, Tut wuri Handayani artinya di depan memberi teladan,di tengah membangun motivasi/dorongan, di belakang memberi dukungan. Berdasarkan hal tersebut diatas guru sebagai pemimpin pembelajaran sudah sepatutnya bisa menjadi panutan untuk melakukan proses pendidikan sehingga menjadi pamong untuk para murid dan setiap masalah yang di hadapi bisa di kelola dan di buat keputusan dengan menerapkan pengambilan keputusan yang berpihak pada murid, mencoba menerapkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan keputusan. Dengan harapan dapat memberi keputusan yang solutif dan tetap memanusiakan manusia dan yang paling utama berpihak pada murid.

Nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh terhadap prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan keputusan.

Pada prosesnya “menuntun” saat murid akan diberi kebebasan memilih namun guru sebagai pamong tetap memberi tuntunan dan arahan agar murid tidak kehilangan arah dan tidak fokus. Seorang pamong dapat memberikan tuntunan agar murid menemukan Pasion yang akan berdampak pada pengambilan keputusan yang tepat dan bertanggung jawab. Guru sebagai pemimpin pembelajaran tentu pernah mengalami dilema etika atau bujukan moral pada sebuah keputusan yang diambil saat menangani kasus murid atau rekan sejawat di sekolah, dengan mempertimbangan nilai benar vs benar (situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan dimana dua pilihan itu secara moral benar tetapi bertentangan), benar vs salah (seseorang membuat keputusan antara benar atau salah)

Kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan coaching (bimbingan) yang diberikan pendamping dalam proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini bisa dibantu oleh sesi coaching yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.

Dalam aspek pembelajaran dikelas guru sebagai pembawa agen perubahan harus bisa mengetahui kebutuhan belajar murid sekaligus sebagai memberi contoh yang baik bagi murid memahami karakter belajar murid serta kondisi social emosional sebagai pemimpin pembelajaran dikelas. Dalam hal ini juga untuk terciptanya profil pelajar Pancasila murid harus bisa menyelesaiakan sendiri persoalan belajarnya di kelas yang merupakan dilemma bagi mereka, dan di sinilah penting pendekatan Coaching, dimana guru sebagai coach memberi pertanyaan pemantik yang akan dijawab oleh murid untuk menyelesaikan sendiri setiap persoalan yang dilaminya terutama yang merupakan dilema baginya. Guru sebagai pemimpin pembelajaran selalu bersedia meluangkan waktu jika murid membutuhkan, atau jika meihat ada perubahan belajar yang menurun pada murid. Coaching dan itu tidak terlepas dari komunikasi yang baik antara coach dan coachee, Harapan coaching dapat mengatasai masalah belajar murid.

Bagaimana pembahasan studi kasus yang focus pada masalah moral atau etika kembali nilai-nilai yang dianut oleh seorang pendidik

Seorang pendidik harus bisa melihat bagaiamana persoalan tersebut apakah merupakan dilema etika atau merupakan bujukan moral, nilai-nilai yang akan diambilpun merupakan nilai yang merupakan proses kegiatan yang merupakan titik temunya adalah sebagai pemimpin pembelajaran tetap dengan

berbagai cara akan menuntun murid tersebut kearah yang lebih baik dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil merupakan keputusan yang bertanggung jawab.

Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Pengambilan keputusan yang tepat sebagai pemimpin pembelajaran tentunya akan berdampak postif, aman, dan nyaman apabila kita bisa melihat kondisi saat mana kita akan mengambil sebuah keputusan yang tentu yang jika itu adalah dilema maka kita bisa meminimalisir dilema tersebut agar dalam pengambilan yang bersifat dilema itu tidak terlalu berpengaruh. Dan jika merupakan suatu bujukan moral kita harus mengetahui bahwa hal yang dilakukan salah dan nantinnya guru sebagai pemimpin pembelajaran akan dengan bijak membuat keputusan namun tetap membimbing murid menuju ke pengambilan keputusan tepat baik untuk guru maupun untuk murid meskipun susah. Dalam hal ini murid tetap merasa bahwa guru adalah seorang pemimpin yang mampu membuat situasi kondusif, aman dan nyaman di lingkungan sekolah maupun sekitarnya.

Apakah kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali kemasalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?

Sebagai makluk social dan sebagai pemimpin pembelajaran dalam pengambilan suatu keputusan tidak akan luput dari dilema etika dan bujukan moral. Dilema etika merupakan situasional, yaitu antara benar-benar memegang aturan demi suatu keadialan. Namun terkadang kita susah membedakan mana yang merupakan dilema etika dan bujukan moral, misalnya saja kasus berbohong yang sudah pasti merupakan tindakan salah , meskipun tujuannya baik tetap saja merupakan kesalahan. Adapun hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil sebuah keputusan dalam dilema etika, 4 paradigma,

  • Individu lawan masyarakat (individual vs community)

  • Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

  • Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

  • Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term) Tiga prinsip yang bisa di gunakan untuk mengambil keputusan yaitu :

  • Berpikir berbasis hasil akhir (ends-based Thingking)

  • Berpikir berbasis peraturan (rule base thingking)

  • Berpikir berbasis rasa peduli (care base thingking)

Sedangkan untuk cara menguji keputusan kita bisa di gunakan 9 tahapan secara berurutan

  1. Mengenali ada nilai-nilai yang saling bertentangan dalam situasi ini

  2. Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini

  3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dalam situasi ini

  4. Pengujian benar atau salah (Uji legal, Uji Regulasi/Standar Profesiaonal, Uji intuisi, Uji halaman Depan Koran, Uji Panutan/Idola )

  5. Pengujian paradigm benar atau salah

  6. Prinsip pengambilan keputusan

  7. Investigasi Opsi Trilema

  8. Buat keputusan

  9. Tinjau lagi keputusan Anda dan refleksikan

Pengaruh pengambilan keputusan dengan pembelajaran yang memerdekakan murid kita?

Sebagai seorang Guru yang setiap hari bertemu dengan murid dan bertemu dengan teman sejawat yang mempunyai karakter bermacam-macam dan mempunyai masalah beragam pula, saya merasa terbantu dengan penjelasan materi dari modul 3.1 sebab sebelumnya kita sering menemukan masalah namun kita selalu menyelesaikan masalah secara mentor maupun konseling sekarang setelah belajar choaching kita lebih bisa mengembangkan cara berfikir kita dan membuat keputusan yang berpihak pada murid meskipun kadang teman sejawat belum bisa berfikir yang sama. dengan semua materi yang telah dipelajari dari modul guru penggerak sudah seharusnya kita bisa memberikan keputusan yang bersifat positif, membuat murid merasa nyaman, dan tenang. Harapannya kita bisa menciptakan murid berkarakter profil pelajar pancasila tetapi tetap memiliki kompetensi yang unggul.

Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

Dengan memberi nilai-nilai positif, menciptakan rasa nyaman pada murid merupakan motivasi seorang pendidik dalam mengambil keputusan. Seorang pendidik dengan berbagai cara pasti akan memberikan yang terbaik untuk muridnya oleh karena itu keputusan yang baik pula untuk perkembangan muridnya.

kesimpulan akhir yang dapat ditarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitan dengan modul-modul sebelumnya.

Kesimpulan akhir terkait modul Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran dengan modul-modul yang telah dipelajari sebelumnya merupakan suatu tidak terpisahkan untuk mencapai kemerdekaan dalam belajar pada murid, Ki Hajar Dewantara dalam menuntut segala proses dan kodrat/potensi anak untuk mencapai sebuah keselamatan dan kebahagiaan belajar, baik untuk dirinya sendiri, sekolah maupun masyarakat. Selain itu juga dimana proses pembelajaran di seorang pendidik harus bisa melihat kebutuhan belajar pada anak serta mengelola kompetensi sosial emosional dalam mengambil sebuah keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Pendekatan Coaching juga merupakan salah satu cara kita (coach) untuk membantu choachee dalam mencari solusi/ mengembangkan bakat yang terpendam sehingga akan muncul sebuah keputusan yang bertanggung jawab dari choachee. Dan dengan belajar mengambil keputusan menggunakan tiga prinsip yang di ajarkan pemikiran kita lebih terbuka agar bisa mengambil keputusan yang berpihak pada murid atau jika itu dilema etika yang berkaitan dengan rekan sejawat kita bisa menemukan solusi yang tepat meskipun kadang menyakitkan hati. Tetapi demi profesionalitas dalam pendidikan bujukan moral harus segera di punahkan.


No comments for "Koneksi Antar Materi Modul Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin"