Widget HTML Atas

Jurnal Refleksi Modul 1.4 Budaya Positif

 


Kali ini Pak Teguh akan menceritakan pengalaman ketika mempelajari modul 1.4 yakni tentang Budaya Positif. 

1. Fact(Peristiwa)

Pada saat awal mempelajari modul ini, dimulai dengan aktivitas mulai dari diri, dimana saya diminta mendapat tugas untuk menjawab empat pertanyaan, yakni 1) pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan; 2) bagaimana saya menciptakan suasana positif di lingkungan saya; 3) hubungan antara menciptakan suasana positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid; 4)   penerapan disiplin saat ini di sekolah saya, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan. Selain empat pertanyaan itu, saya juga menjawab pertanyaan yang isinya tentang refleksi diri, harapan untuk diri sendiri, harapan kepada siswa, dan ekspektasi. . 

Selanjutnya pada bagian ekplorasi konsep, saya belajar enam materi esensial di modul 1.4. Budaya Positif. Enam materi itu adalah:
1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi
3) Keyakinan Kelas
4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
5) Restitusi - Lima Posisi Kontrol
6) Restitusi - Segitiga Restitusi.  
Kemudian diperdalam dalam Ruang Kolaborasi baik pada sesi diskusi mapun presentasi.

Pada Bagian selanjutnya yakni demonstrasi kontekstual kita diberikan tugas untuk membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Setelah skenario dibuat, saya membuat video penerapan segitiga restitusi bersama siswa. Selanjutnya pada sesi elaborasi pemahaman kita dikuatkan lagi oleh intruktur terkait  materi ini.

2. Feeling(Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 1.4. Budaya Positif, saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, dan senang. Saya semangat karena di modul 1.4. ini saya bisa mempelajari materi tentang budaya positif yang memberikan pencerahan saya tentang penerapan budaya positif di sekolah.  Saya bisa lebih paham tentang nilai-nilai kebajikan, posisi kontrol guru, teori motivasi, keyakinan kelas, segitiga restitusi, dan lain-lain. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang analisis kasus berdasarkan konsep budaya positif

3. Finding(Pembelajaran)

Di Modul 1.4. saya mendapatkan materi tentang konsep-konsep budaya positif, yakni: 

1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal
2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi
3) Keyakinan Kelas
4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas
5) Lima Posisi Kontrol 
6) Segitiga Restitusi

Saya juga bisa membuat contoh penerapan segitiga restitusi bersama siswa yang bisa digunakan untuk contoh bagi guru lain yang belum mengetahui tentang segitiga restitusi untuk membangun budaya positif di sekolah. 

4. Future(Penerapan)

Setelah memahami materi dalam modul 1.4. tentang budaya positif, saya akan menerapkan konsep inti budaya positif untuk mewujudkan kemerdekaan belajar peserta didik sehingga akan terwujud peserta didik dengan profil pelajar Pancasila. 

No comments for "Jurnal Refleksi Modul 1.4 Budaya Positif"