Widget HTML Atas

Jurnal Refleksi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Kali ini Pak Teguh akan menceritakan pengalaman ketika mempelajari modul 1.3 yakni tentang Visi Guru Penggerak. 

1. Fact(Peristiwa)

Pada saat awal mempelajari modul ini, dimulai dengan aktivitas mulai dari diri, dimana saya diminta membuat gambaran imajiku tentang murid dimasa depan yakni gambaran mengenai murid yang saya dambakan 5-10 tahun mendatang. Saya juga menjelaskan situasi murid,  peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita saya. Selanjutnya pada bagian ekplorasi konsep, kita diberi pengantar mengenai paradigma inkuiri apresiatif. materi yang saya pelajari meliputi: “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses Inkuiri dalam BAGJA”, dan “Amati - Tiru – Modifikasi”.  Kemudian diperdalam dalam Ruang Kolaborasi baik pada sesi diskusi mapun presentasi.
Pada Bagian selanjutnya yakni demontrasi kontekstual kita diberikan tugas untuk menerapkan inkuiri apresiatif dengan membuat prakarsa perubahan. Selanjutnya pada sesi elaborasi pemahaman kita dikuatkan lagi oleh intruktur terkait  materi ini.

2. Feeling(Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 1.3., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 1.3. ini saya bisa mempelajari materi tentang visi guru penggerak yang cukup mencerahkan bagi saya dan tentunya menambah semangat saya sebagai guru. Saya bisa lebih paham tentang ap aitu inkuiri apresiatif, Prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang pembuatan prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah    

3. Finding(Pembelajaran)

Di Modul 1.3. saya mendapatkan materi tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA), yakni pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Pendekatan IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi. Saya juga mempelajari tahapan BAGJA sebagai salah satu kegiatan dalam manajemen perubahan. Adapun tahapan dalam BAGJA adalah"

1. Buat pertanyaan utama
2. Ambil pelajaran
3. Gali mimpi
4. Jabarkan rencana
5. Atur eksekusi

4. Future(Penerapan)

Setelah memahami materi dalam modul 1.3. tentang visi guru penggerak ini, saya akan menerapkan inkuiri apresiatif untuk melaksanakan manajemen perubahan di sekolah saya. Saya akan membuat prakarsa perubahan untuk mewujudkan kebiasaan-kebiasaan baru yang tentunya akan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Ke depannya peningkatan kualitas pembelajaran itu akan lebih cepat dalam mewujudkan siswa dengan karakter profil pelajar Pancasila. 

No comments for "Jurnal Refleksi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak"