Widget HTML Atas

Jurnal Refleksi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

   



Kali ini Pak Teguh akan menceritakan pengalaman ketika mempelajari modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. 

1. Fact(Peristiwa)

Pada saat awal mempelajari modul ini, dimulai dengan aktivitas mulai dari diri, dimana saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi diri terkait kompetensi sosial dan emosional. 

Selanjutnya pada bagian ekplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pembelajaran untuk sosial dan emosional. Saya mulai belajar tentang definsi pembelajaran sosial dan emosional. Selanjutnya saya belajar mengenai kompetensi sosial dan emosional, kesadaran penuh (mindfulness), dan implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Adapun implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan di sekolah dapat dilakukan dengan cara:

1) Pengajaran eksplisit
2) Integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik
3) Menciptakan iklim kelas dan budaya sekolah
4) Penguatan kompetensi sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah

Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Ada 5 kasus yang harus saya dan CGP lainnya tanggapi dalam diskusi asinkron ini.. Kemudian diperdalam dalam Ruang Kolaborasi baik pada sesi diskusi mapun presentasi.

Pada Bagian selanjutnya yakni demonstrasi kontekstual kita diberikan tugas untuk membuat RPP berbasis kompetensi sosial dan emosional.. Selanjutnya pada sesi elaborasi pemahaman kita dikuatkan lagi oleh intruktur terkait  materi ini.

2. Feeling(Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul ini., saya merasakan perasaan yang semangat dan senang. Saya bersemangat karena di modul ini. saya belajar mengenai pembelajaran berbasis KSE yang bisa diterapkan di kelas maupun di sekolah. Saya pun senang karena bisa mengetahui pembelajaran berbasis KSE yang sangat bermanfaat bagi praktik pembelajaran yang saya lakukan di kelas. Saya juga senang karena bisa berkolaborasi dengan rekan sesama calon guru penggerak

3. Finding(Pembelajaran)

Dalam Modul ini,  saya mendapatkan materi tentang pembelajaran sosial dan emosional. Saya memahami tentang definisi pembelajaran sosial dan emosional, teknik mindfulness, kompetensi sosial emosional, dan cara implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas maupun sekolah. 

4. Future(Penerapan)

Setelah memahami materi dalam modul ini, tentang pembelajaran sosial dan emosional, saya akan menerapkan pembelajaran berbasis KSE di sekolah. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pembuatan RPP/modul ajar, pembuatan/persiapan media, dan lain-lain

No comments for "Jurnal Refleksi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional"