Widget HTML Atas

Jurnal Refleksi Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

  




Kali ini Pak Teguh akan menceritakan pengalaman ketika mempelajari modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. 

1. Fact(Peristiwa)

Pada saat awal mempelajari modul ini, dimulai dengan aktivitas mulai dari diri, dimana saya diminta mendapat tugas untuk membuat refleksi diri terkait kelas yang saya ampu, keragaman murid, hal apa saja yang telah saya lakukan untuk pemebnuhan kebutuhan murid yang beragam. 

Selanjutnya pada bagian ekplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid. Saya mulai belajar tentang pembelajaran berdiferensiasi dan miskonsepsinya. Saya juga belajar mengenai kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar murid. Di bagian ini saya juga mendapat tugas untuk membuat diagram Frayer mengenai pembelajaran diferensiasi. Kemudian diperdalam dalam Ruang Kolaborasi baik pada sesi diskusi mapun presentasi.

Pada Bagian selanjutnya yakni demonstrasi kontekstual kita diberikan tugas untuk membuat RPP berdiferensiasi. Selanjutnya pada sesi elaborasi pemahaman kita dikuatkan lagi oleh intruktur terkait  materi ini.

2. Feeling(Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 2.1., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 2.1. ini saya bisa mempelajari materi tentang pembelajaran berdiferensiasi yang cukup menarik. Saya bisa lebih paham tentang kebutuhan belajar siswa yang bisa dijadikan landasan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk menganalisis rancangan pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah

3. Finding(Pembelajaran)

Dalam Modul ini, saya mendapatkan materi tentang pembelajaran berdiferensiasi. Di dalamnya saya memahami cara mengetahui kebutuhan belajar siswa, yakni dengan cara mengetahui kesiapan belajar, minat murid, dan profil belajar siswa

4. Future(Penerapan)

Setelah memahami materi dalam modul ini, saya akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Tentunya dengan melakukan perencanaan yang matang, mulai dari pembuatan RPP/modul ajar, pembuatan/persiapan media, dan lain-lain. 

No comments for "Jurnal Refleksi Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi"