Widget HTML Atas

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara



Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
Menurut Ki Hadjar Dewantara, Pengajaran adalah bagian dari Proses pendidikan. Dalam pengajaran, siswa diberikan ilmu yang bermanfaat untuk kecakapan hidup, keterampilan yang akan sangat bermanfaat nantinya di masa depan. sedangkan Dalam Pendidikan siswa diberikan tuntunan hidup yang lebih luas sehingga siswa dapat memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dalam hidupnya.
Sehingga untuk menciptakan manusia yang beradab maka pendidikan adalah kunci utama untuk mencapainya.Inti pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan adalah bagaimana memerdekakan belajar, guna mencapai kemerdekaan belajar yang goalnya adalah menjadi siswa dengan profil pelajar Pancasila. Ini berarti dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran kepada anak-anak, Ki Hajar Dewantara menganjurkan agar pendidik tetap memperhatikan segala potensi anak-anak(Kodrat), yaitu jiwa, jasmani, etika, moral, estetika dan karakter.

Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, sangat relevan untuk diterapkan dalam pendidikan indonesia terlebih dalam upaya penumbuhan budi pekerti dan mendidik sesuai kodrat Alam dan kodrat zaman. Sesuai kodrat alam artinya pendidikan harus berlandaskan konteks lokal sosio budaya murid di indonesia. Selain itu harus sesuai juga dengan kodrat zaman yang artinya pendidikan saat ini menekankan kemampuan siswa untuk memiliki keterampilan abad 21 sehingga siswa tidak tergerus dalam perkembangan zaman.
Dalam Konteks pendidikan disekolah saya, pemikiran Ki Hadjar Dewantara, sudah mulai diterapkan mulai dari penanaman kedisiplinan, sopan santun, kearifan lokal, etika, dan penanaman nilai - nilai keagamaan yang mendukung penumbuhan budi pekerti yang baik, selain itu dalam pembelajaran sudah mulai diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, PBL, dan sejenisnya yang memberikan kesempatan siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih banyak.
Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
Jika ditanya apakah saya sudah melaksanakan pemikiran KHD, saya rasa masih jauh dari kata sudah, akan tetapi saya punya keinginan kuat untuk menerapkan pemikiran pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam menjalankan aktivitas saya sebagai guru. Saya ingin memerdekakan peserta didik saya dalam belajar, memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bereskpresi dan bereksplorasi, mengembangkan semua bakat yang dimiliki, tidak tergantung orang lain, namun tetap memiliki budi pekerti yang baik, santun dalam bertindak.

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Harapan saya setelah mempelajari modul ini adalah dapat mengetahui lebih dalam mengenai pemikiran pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan sehingga saya dapat mengimplementasikan pemikiran tersebut. Sehingga ketika seya bertindak sebagai guru saya benar dapat memerdekakan murid saya dalam belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Tidak ada perasaan bahwa guru lebih tahu ketimbang peserta didik, Saya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap peserta didik saya tanpa ada yang merasa tidak diperhatikan atau diperlakukan sebagaimana mestinya. Saya bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bereskpresi dan bereksplorasi, bisa mengembangkan bakat yang dimiliki. Memberikan kesempatan belajar sesuai dengan gaya belajar peserta didik saya
Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
Harapan yang saya inginkan pada murid - murid saya setelah mempelajari modul ini adalah Murid murid saya bisa belajar sesuai dengan gaya belajar masing - masing tanpa ada tekanan dan paksaan dari guru. Murid saya bisa bebas berekspresi dan bereksplorasi serta berinovasi dalam belajar. Tidak tergantung oleh orang lain. dapat mengembangkan setiap bakat yang dimiliki.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah diskusi tentang bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan bagaimana penerapannya dalam kontek kita sebagai guru
Materi yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah bagaimana cara mengimplementasikan berbagai pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pemdidikan sehingga saya dapat mengimplementasikan dengan mudah.
Sedangkan manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah saya dapat menerapkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan sehingga saya dapat memerdekakan murid saya dalam belajar.